Bersik Kali Wujud Kepedulian Warga Padukuhan Ngawis 1 dan Ngawis 2 Terhadap Budaya Luhur

ROHMAD WIDODO 19 Juli 2019 09:11:24 WIB

SIDA, Untuk melestarikan budaya Jawa yang adiluhung, kemarin Jumat Legi 05 Juli 2019 warga masyarakat Padukuhan Ngawis 1 dan Ngawis 2 melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu bersik kali. Bersik kali dilaksanakan di dua sumber mata air yaitu Kali Ngipak yang terletak disebelah selatan Padukuhan Ngawis tepatnya di Desa Ngipak dan Kali Beji yang terletak disebelah utara Padukuhan Ngawis di Padukuhan Gondang. Kegiatan Ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebelum melaksanakan Rasulan.

“ Kegiatan Bersik Kali ini memang rutin setiap tahunnya dilaksanakan ini wujud kepedulian kami terhadap warisan budaya yang adiluhung. Sebagian besar warga masyarakat masih peduli terhadap warisan budaya nenek moyang ini adalah salah satu wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan anugrah yang luar biasa berupa sumber mata air yang dimusim kemarau tidak pernah kering. Maka dari itu tugas kami adalah merawat dan melestarikannya supaya mata air ini tetap ada.Sehingga dengan kegiatan bersik kali ini kami selalu membersihkan mata air dan salurannya supaya tidak tertimbun lumpur.Kata Sukadi salah satu tokoh masyarakat yang memandu genduri bersik kali “.

Kali Beji adalah sumber mata air yang setiap tahun airnya tidak pernah kering dan sampai sekarang masih digunakan warga masyarakat untuk irigasi. Sehingga meskipun di musim kemarau sekitar sumber Kali Beji ini selalu ditanami tanaman padi. Dijaman yang sudah modern ini kita tidak boleh lupa terhadap budaya yang ada. Karena dengan budaya ini kita bisa lebih dekat dengan alam dan Sang Pencipta.(Wid)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Ngawis

tampilkan dalam peta lebih besar